Menara Imperium, 27th Floor Jl. H.R. Rasuna Said Kav.1 Jakarta 12980 - Indonesia
+62 21 835 6363

Dalam Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan (SE-OJK) Nomor 16, Romawi III No.4  huruf a angka 3), disebutkan bahwa “Berdasarkan pasal 5 Peraturan Otoritas Jasa  Keuangan (POJK), Penyampaian Informasi Nasabah Asing, dalam hal Nasabah Asing  tidak bersedia menyampaikan pernyataan persetujuan, instrukti atau pemberian kuasa  secara tertulis dan sukarela, LJK wajib: 3) tidak melayani transaksi baru terkait  rekening atau polis Nasabah Asing tersebut. Apa yang dimaksud dengan tidak  melayani transaksi baru? Apakah blokir account yang sudah ada? atau tidak dapat  membuka account produk baru (misalnya deposito, kartu kredit, KPR, dll)? Kapan  waktu penghentian pelayanan transaksi ini diberlakukan.

Pengertian tidak melayani transaksi baru ini dikembalikan kepada kebijakan masing-masing LJK. Namun disarankan untuk melakukan blokir. Berdasarkan Pasal 14 ayat 3 PMK Nomor 70/PMK.03/2017 sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 19/PMK.03/2018, disebutkan bahwa ketentuan mengenai jenis transaksi baru yang tidak dilayani tidak berlaku untuk transaksi:

  1. pemenuhan kewajiban yang telah diperjanjikan sebelumnya antara pemilik Rekening Keuangan Lama dengan lembaga keuangan pelapor;
  2. penutupan rekening; atau
  3. pemenuhan kewajiban berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan.Waktu penghentian pelayanan transaksi ini diberlakukan seketika sejak nasabah menyatakan tidak bersedia.

Can't find what you need?

OR
Ask Question